Daisypath Anniversary tickers

my breastfeeding time

Lilypie Breastfeeding tickers

Indira

Lilypie - Personal pictureLilypie Fourth Birthday tickers

Kamis, 17 Januari 2013

PANCAKE,WAFFLE

Ternyata banyak resep lom saya post,,
1. pancake
bikin pancake ini dh lama bgtt,,, bikinnya gampang cukup pke teflon doank,,, saya bikin 2 resep, yang satu pake susu cair biasa, yg satu pke buttermilk, mang beda ya rasanyaa,,, saya lebih suka butter milk wlopun sedikit lebih ribet

1. Pancake
resep dari http://v-recipes.blogspot.com/2005/09/family-favorite-pancake.html
2 cup tepung terigu (serba guna)
2 sdm gula
4 sdt baking powder
1 sdt garam
2 telur
1 1/4 cup susu cair (susu bubuk campur air)
1/4 cup vegetable oil / butter or margarine cair (saya pke minyak grand)
Maple Syrup or fruit sauce

1. Dalam mangkok yg cukup besar campurkan; terigu, gula, baking powder dan garam. Sisihkan.
2. Dalam mangkok kecil, kocok telur kemudian campurkan susu dan vegetable oil.
3. Tuangkan campuran susu sedikit demi sedikit ke dalam campuran terigu dan aduk terus hingga campuran lembut.
4. Panaskan wajan datar (panas sedang) dan taruh sedikit margarine u/ sekedar meminyaki wajan.
5. Tuangkan 1/4 cup adonan ke atas wajan, biarkan hingga timbul gelembung2 pada permukaan bag atas & permukaan bawah mulai kecoklatan. Balik pancake dan biarkan bbrp saat hingga kecoklatan.
HIDANGKAN hangat2 dengan maple syrup.





2. 'Best Buttermilk Pancakes' by Martha Stewart, untuk porsi kecil gunakan 1/2 resep dari resep di bawah ini:

Bahan:
2 cup terigu serba guna/protein sedang
2 sdt baking powder
1 sdt soda kue
1/2 sdt garam
3 sdm gula pasir
2 telur ukuran besar, kocok lepas
3 cup buttermilk
4 sdm unsalted butter (mentega tawar), lelehkan
1 sdt essence vanilla (optional)

Cara membuat:
1. Campur terigu, baking powder, soda kue, garam dan gula dalam wadah.
2. Dalam wadah lain, campur telur, buttermilk dan butter leleh. Masukkan ke dalam campuran terigu, aduk cepat hanya sampai tercampur saja. Jangan overmix. Biarkan adonan masih agak sedikit bergerindil.
3. Panaskan wajan, oles dg sedikit butter (untuk wajan anti lengket/teflon kualitas baik, wajan tidak dioles juga tidak apa-apa). Jika terlalu berminyak, lap dengan tissue atau lap bersih.
4. Tuang adonan sekitar 1 sendok sayur (1/2 cup). Ketika bagian atas sudah mulai bergelembung dan berlubang-lubang dan bagian sisi sudah terlihat agak kering (sekitar 2,5 menit), segera balik pancake. Masak lagi sebentar hingga bagian bawah agak kecoklatan (sekitar 1 menit). Angkat. Lakukan sampai habis.
5. Sajikan pancake hangat-hangat dengan diberi topping sesuai selera Anda. Dapat disiram madu, maple syrup, selai, coklat cair, keju, fruit cocktail, atau ice cream.

Tips membuat pancake:
- Ketika bahan kering dan bahan basah disatukan, aduk hanya sampai tercampur saja. Jangan overmix. Biarkan adonan masih terdapat sedikit 'gerindil' dan bertekstur seperti lumpur. Ini kunci mendapatkan pancake yang empuk. Jika diaduk sampai licin dan lembut justru hasil pancakenya akan keras.
- Panaskan wajan datar sebelum menuangkan adonan pancake. Gunakan selalu api kecil agar permukaan tidak cepat hangus. Wajan bisa dioles dg sedikit butter atau minyak. Tapi pengalaman saya jika sudah memakai wajan teflon anti lengket tidak usah dioles juga tidak apa-apa, justru hasilnya akan mempunyai permukaan yang coklat keemasan yang merata.
- Setelah adonan dituang dan mulai muncul gelembung-gelembung atau berlubang segera balik pancake. Ini akan menghasilkan pancake yang 'montok' dan menul-menul. Jangan menunggu sampai gelembung hilang dan permukaan atasnya kering, nanti pancakenya akan jadi lebih tipis (flat). Setelah dibalik masak sebentar sampai permukaan sisinya agak kecoklatan.
- Jika ingin pancake tetap hangat saat disajikan sambil menunggu adonan habis dan selesai dimasak smua, masukkan pancake yang telah matang ke dalam oven bersuhu hangat (skitar 120'C) atau dg api kecil sekali.
- Jika ingin menumpuk pancake, beri 1/2 sendok teh butter di setiap lapisannya (di atas permukaan pancake).

dri kedua resep diatas, saya lebih suka yg martha stewart, lebih empuk pas saya makan siangnya di kantor,,,


WAFFLE
 

Dibeliin ma ira waktu ada GS kemaren di fb, asalnya mo nitip transfer doank eh taunya gak usah bayar,,, senanggggg,,,, dri dlu pengen bgt punya alat ini sejak nyobain waffle yg di aw,, yummy bgt dehh,,, tpi liat watt nya pada ngeri deh,, tau nya ada yg jual watt kecil wlopun single juga gapapa deh,, makasih ya iraa sayankkk,,,beliin juga mixer kitchen aid donksss,,,, wkwkwkwkwk *ngarep

ni da 2 resep waffle yg pernah saya coba

Yang termudah Waffles Yeasted crispiest
Sumber: Tante Sheryl (http://www.crispywaffle.com/)
bahan
2 cangkir tepung
1-1/2 sdt ragi instan
1 mentega tongkat cair (1/2 gelas atau 110 gram)
2 cangkir susu hangat (dipanaskan sampai sekitar 110 derajat)
2 butir telur
2 sdt vanili ekstrak
1 sdm gula pasir
1/2 sdt garam
Malam sebelum:
Menggabungkan dan menyapu bersama bahan kering dalam mangkuk besar: tepung, ragi, gula dan garam. Campur mentega cair dan susu. Tambahkan campuran ke dalam bahan kering. Kocok telur dan vanili bersama-sama dalam mangkuk kecil yang terpisah. Tambahkan campuran telur-vanili dengan campuran lainnya, dan melambaikan sampai baik gabungan. Tutup dengan bungkus plastik dan tongkat dalam lemari es sampai besok pagi. (Adonan dapat meningkat selama 10 sampai 24 jam.)
Keesokan harinya:
Siapkan besi wafel seperti biasa. Aduk adonan mengempis itu (harus bengkak dan berbusa). Tambahkan ke waffle iron dengan cara yang sama Anda akan adonan lainnya, mengingat bahwa adonan ini akan meningkat lebih dari batters yang menggunakan baking powder, bukan ragi.
Yang menarik waktu PERTAMA Kali baca resep ini adalah, resep ini diinepkan semalaman meskipun memang harus dimasukin Kulkas. Dan Lagi Aku Suka banget sama kue Yang ADA raginya, ga tau knapa pokoknya Suka ajah.
Jadi malem2 (jam 8AN) Aku bikin adonannya trus dibingkus plastik wrap, masukkin Kulkas. TAPI Besok paginya (jam 6an) waktu kukeluarin bahasa Dari Kulkas (bkn yah freezer) tidak terjadi apa2 PADA adonanku, harusnya kan ngembang Artikel Baru banyak gelembung gasnya ... sempet bingung, Masa sih raginya? kan Masih Baru? APA mungkin kulkasnya terlalu Dingin? ya udah deh, Aku taruh aja Dulu mungkin disuhu RUANG diameter Bakal ngembang.

menurut saya kurang garing kayak aw tapi lembutt

2. LIGHT CRISPY WAFFLES
Source : Pam Anderson
Bahan :

3/4 cup Tepung terigu serbaguna
1/4 cup Tepung maizena
1/2 sdt garam
1/2 sdt baking powder
1/4 sdt baking soda
3/4 cup buttermilk
1/4 cup susu cair
6 sdm vegetable oil (minyak goreng ato pake margarin leleh juga asoy)
1 butir telur ukuran besar, pisahkan kuning & putihnya
1 sdm gula kasotr
1/2 sdm vanilli

Cara membuat :
·         Di wadah terpisah, campurkan tepung terigu + maizena + garam+ baking powder + baking soda. Aduk rata.
·         Siapkan baskom. Masukkan buttermilk, susu cair, vegetable oil, kuning telur (yg telah dikocok lepas). Aduk rata dg whisk, sisihkan.
·         Di baskom lainnya, kocok putih telur dengan mixer hingga soft peak. Masukkan gula & vanilli. Kocok lagi hingga kaku & mengkilat. Sisihkan.
·         Tuang campuran buttermilk ke dalam campuran tepung. Aduk rata.
·         Masukkan adonan putih telur ke dalam adonan. Aduk rata.
Panaskan waffle maker. Tuang adonan dan panggang hingga matang.
resep yg kedua ini lebih renyah,garing, ndut juga lebih suka resep yg ini, sebagian waffle nya ma dia dbikin sandwich telor,,,,



1 komentar: